19 Sept 2019

5 Jenis Dan Nama Pakaian Muslimah Yang Harus Diketahui


Menutup aurat adalah kewajiban yang harus ditaati oleh setiap muslim. Sayangnya, masih banyak kaum muslimin yang tidak mengindahkan aturan menutup aurat, terutama kaum hawa. Padahal, dari perintah menutup aurat ini tersimpan banyak hikmah dan faidah yang banyak.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan yang artinya, ‘Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang solehah.’ Sementara wanita yang shalihah adalah mereka yang mentaati Allah subhanahu wata'ala, salahsatunya dalam urusan menutup aurat.

Terkait pakaian yang menutup aurat ini, banyak istilah yang kita kenal. Seperti jilbab, hijab, burqa, niqab,dan khimar. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas 5 jenis dan nama pakaian muslimah.

Hijab

Saat ini kita sudah tidak asing dengan istilah hijab. Apa yang ada di benak anda ketika mendengar istilah hijab? Tentu benak kita akan langsung menghubungkannya dengan kain yang menutup kepala. Lalu bagaimana pengertian hijab itu sendiri?

Secara bahasa, hijab artinya penutup. Secara istilah, makna hijab adalah  segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat.

Maka istilah hijab maknanya sangat luas. Dengan demikian hijab muslimah, adalah segala hal yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi bagi seorang Muslimah. Jadi hijab muslimah bukan sebatas yang menutupi kepala, atau menutupi rambut, atau menutupi tubuh bagian atas saja. Namun hijab muslimah mencakup semua yang menutupi aurat, lekuk tubuh dan perhiasan wanita dari ujung rambut sampai kaki.

Khimar

Terkait arti dari kata khimar, mari kita menyimak firman Allah subhanahu wata'ala di dalam quran surat an-Nuur ayat 31,

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…”

Secara bahasa, khamara artinya menutupi. Sedangkan makna khimar secara lebih jelas adalah kerudung. Sebagian ahli bahasa mengatakan, khimar adalah yang menutupi kepala wanita.
Dalam Tafsir Jalalain, ayat “Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar ke dadanya” dijelaskan maksudnya yaitu menutup kepala-kepala, leher-leher dan dada-dada mereka dengan kerudung. Ringkasnya, para ulama menjelaskan bahwa khimar adalah kerudung yang menutup bagian kepala hingga dada wanita.

Jilbab

Apa yang dimaksud dengan jilbab? Mari kita simak Firman Allah subhanahu wata'ala di dalam quran surat al-Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”

Secara bahasa, jilbab berasal dari kata al jalb, yang artinya menjulurkan. Sedangkan makna jilbab itu sendiri adalah  gamis. Dan jilbab itu adalah pakaian yang lebih lebar dari khimar, Yang dipakai oleh wanita untuk menutupi kepala dan dadanya.

Akan tetapi, para ulama berbeda pendapat dalam memaknai jilbab.  Ada ulama yang berpendapat bahwa Jilbab sama dengan khimar, yaitu kain yang menutupi kepala, leher, hingga ke dada wanita.

Ulama yang lain ada yang berpendapat Jilbab adalah kain yang lebih lebar dari khimar dan dipakai di atas khimar. Artinya, jilbab berbeda dengan khimar, sehingga ulama yang memaknai demikian mewajibkan muslimah ketika keluar rumah memakai tiga hal: tsaub (pakaian), khimar, dan jilbab.

Sementara ulama lain ada yang berpendapat bahwa Jilbab sama dengan hijab muslimah, yaitu seluruh pakaian yang menutupi aurat, lekuk tubuh dan perhiasan wanita

Ringkasnya, para ulama khilaf mengenai makna jilbab. Kita hendaknya bijak dalam memaknai dan menggunakan makna jilbab sesuai dengan konteks yang ada dan dengan menghormati khilaf ulama dalam hal ini.

Niqab

Niqab adalah kain penutup kepala dan muka bagi perempuan. Niqab dikenakan oleh sebagian kaum perempuan Muslimah sebagai kesatuan dengan khimar atau jilbab. Niqab banyak dipakai wanita di negara-negara Arab sekitar Teluk Persia seperti Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman dan Uni Emirat Arab. niqab juga biasa digunakan oleh sebagian muslimah di Pakistan, India dan beberapa wanita Muslim di Barat.

Terdapat perbedaan dalam mazhab-mazhab fikih Islam mengenai hukum penggunaan niqob bagi wanita. Perselisihan pendapat antara ahli fikih umumnya berkisar mengenai pengunaannya, apakah hal tersebut wajib (fardhu), disarankan (mustahab) ataukah sekadar boleh. Perbedaan pendapat tersebut tidak bertentangan dan tidak perlu saling dibenturkan, karena tidak ada mazhab Islam yang mengharamkannya. Dalam mazhab Syafi'i, mazhab yang dianut oleh mayoritas umat muslim di Asia Tenggara, memiliki pendapat yang mu’tamad atau dianjurkan.

Burqa

Sebenarnya burqa mirip dengan niqab, akan tetapi memiliki perbedaan dalam bentuk dan model. Berbeda dengan niqab yang menyisakan lubang untuk mata, Burqa merupakan jenis pakaian yang menutup seluruh tubuh termasuk muka dan mata. Namun di bagian mata di beri kawat atau jaring-jaring agar tetap bisa beraktifitas. Burqa dikenakan menutupi pakaian sehari-hari (seringkali pakaian panjang atau salwar kameez) dan dilepaskan ketika si perempuan kembali ke rumahnya ke tengah keluarganya. Burqa biasa dikenakan oleh sebagian perempuan Muslim di Afganistan, Pakistan, dan India utara. Tapi saat ini, pakaian ini jarang terlihat dikenakan di luar Afganistan.

Sebelum Taliban merebut kekuasaan di Afganistan, pakaian ini jarang dikenakan di kota-kota. Pada masa pemerintahan Taliban, kaum perempuan diwajibkan mengenakan burqa setiap kali mereka tampil di tempat umum. Pakaian ini tidak diwajibkan oleh rezim Afganistan sekarang, tetapi dalam keadaan yang serba tidak pasti saat ini, banyak perempuan yang memilih mengenakan burqa untuk keamanan.

Itulah 5 nama dan jenis pakaian untuk muslimah. Semoga pemaparan ini bisa menambah cakrawala wawasan anda, dan tentunya menjadi motivasi untuk para muslimah yang belum sempurna dalam menutup aurat untuk menutup aurat sesuai dengan tuntutan syariat dan menjadi muslimah seutuhnya
Semoga bermanfaat
Wallahu a’lam

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment