18 Nov 2018

Filosofi Akar


Ketika kita melihat tumbuhan yang berbunga, maka kita akan kagum dengan warna bunganya yang menawan hati. Tapi kita tidak pernah berpikir bahwa bunga itu tidak akan pernah mekar tanpa adanya akar yang menyuplai air dan sumber makanannya dari kedalaman tanah.  Begitulah, akar selalu dilupakan, tapi dia memiliki kontribusi yang besar bagi sebuah tumbuhan. Bahkan sebagai bagian yang sangat vital bagi sebuah tanaman. Akar adalah nyawa bagi tanaman.

Akar bekerja dalam sunyi dan diam tanpa suara dan tanpa memperlihatkan perannya secara langsung. Akar tetap bekerja meski tak terpandang oleh mata, tetap bekerja walau berada di tempat terendah. Maka, dari akar kita bisa belajar tentang keikhlasan yang sempurna.

Tersebab akarlah, sebatang pohon menjulang tinggi dan tetap kokoh di tempatnya walaupun diterpa badai dan angin yang bertiup kencang. Maka dari akar kita bisa belajar arti ketahanan.
Karena akarlah sebuah pohon bisa berdaun, beranting, berbuah dan berbunga. Kita bisa memanfaatkan semuanya. Tapi kita tidak pernah menyadari bahwa semua itu adalah kerja akar yang sempurna.

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment