18 Nov 2018

Hidup itu Seperti Ayunan



Diantara permainan yang paling disukai anak-anak adalah ayunan. Oleh karena itu tak heran jika kita hampir selalu melihat ayunan di taman bermain atau di taman kanak-kanak. Karena memang mereka suka sekali berayun-ayun sembari bercanda ria.

Pun ketika saya masih kecil dulu. Bapak saya membuatkan ayunan sederhana yang dibuat dari sebongkah papan yang diikat dengan dua utas tambang di dahan pohon mangga depan rumah. Disanalah saya dan adik saya, In-In Inayah sering main ayunan sembari bernyanyi ‘Cingcangkeling.’ Atau jika kami ingin lebih merasakan keseruan, saya bergantian dengan adik saya untuk saling mendorong sehingga kami bisa ‘terbang’ lebih tinggi.

Nah, ngobrolin ayunan, ternyata kita bisa mengambil filosofi darinya. Dari ayunan kita bisa mengambil satu filosofi tentang kehidupan yang memiliki makna yang dalam.

Ayunan mengajarkan kita arti penting untuk melangkah  ke depan. Setiap kita tentu berharap bisa ‘terbang’ tinggi dan meraih apa yang kita inginkan. Akan tetapi, sebelum melakukannya, kita perlu mengambil ancang-ancang. Kita harus mundur terlebih dahulu dan menguatkan pijakan. Dengan mundur tersebut, bukan berarti kita takut atau menyerah, tapi kita mempersiapkan energi dan mental kita.

Ayunan juga mengajarkan kita untuk selalu perpegang kuat pada keyakinan dan tali ketawakalan. Sebagaimana ketika kita mulai untuk mengayunkan tubuh kita, tangan kita begitu erat menggenggam tali ayunan di samping tubuh kita.

Dan setelah itu, kita akan kembali ke belakang, mengambil langkah lagi, menguatkan pijakan dan pegangan dan mengayunkan tubuh lagi, bahkan lebih tinggi dari ayunan sebelumnya. Nah, begitu juga dalam kehidupan. Kadang kita harus kembali mundur ke belakang untuk melihat dan mengevaluasi apa saja yang telah kita lakukan. Apa yang telah berhasil kita capai dan apa yang masih perlu kita perbaiki, dan di bagian mana yang kita gagal dalam menuntaskannya. Sehingga kita bisa ‘berayun’ lebih tinggi.

Selamat berayun-ayun dalam ayunan kehidupan yang mengasyikan dan menantang.
  
Sumber gambar: Pinterest/https://inmyownstyle.com/show-me-your-style-link-party.html
Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment