18 Jul 2019

Tips Menakjubkan Untuk Mengatur Waktumu


Apakah kamu sering membuang waktumu dengan mengerjakan hal-hal yang kurang berguna? Atau kamu bingung apa yang hendak kamu kerjakan saking banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan di hari ini? Jika itu yang kamu rasakan, maka kamu harus mengatur waktumu dengan pengaturan waktu yang cerdas, efisien dan tepat guna.


Beberapa menit yang kita gunakan untuk mengatur waktu, menyelamatkan satu jam yang terbuang percuma_anonim

Kita perlu mengatur hidup  kita. lalu bagaimana cara mengaturnya? Apakah mengatur diri itu hanya sebatas mengatur meja kerja dan tempat tidur? Kita seringkali abai mengatur waktu kita dan mengorganisirnya sehingga kita bisa mengerjakan pekerjaan kita secara efisien. Saya juga merasakan bahwa pekerjaan yang harus saya kerjakan begitu banyak. Bahkan saya merasa waktu 24 jam dalam sehari semalam terasa kurang.

Dalam sehari, saya harus menulis naskah untuk rumah produksi radio. Selain itu saya juga harus mengerjakan tugas-tugas kuliah saya, mengedit naskah yang saya ajukan ke penerbit, menulis untuk blog dan review film, menonton dan membaca banyak buku yang saya tumpuk (Saking tidak memiliki waktu yang cukup, buku itu belum saya sentuh.

Bahkan seringkali harus mengorbankan waktu tidur dan waktu istirahat saya. Tapi itu tidak boleh dilakukan. Tubuh kita memiliki hak untuk tidur, istirahat, liburan dan rehat sejenak. Tubuh kita butuh waktu untuk mengendorkan urat saraf yang tegang. Kita bukan robot yang bisa bekerja tanpa henti. Kita manusia biasa yang membutuhkan waktu sejenak untuk mengatur nafas dan mencoba relaksasi pikiran.

Jangan mengurangi waktu istirahat kamu, tapi manage waktu kerjamu.

Mengatur waktu bisa mendorong produktifitas. Mengatur waktu bisa menghemat waktu yang kita gunakan sehingga kita bisa mengerjakan hal-hal yang menjadi prioritas serta mengesampingkan hal remeh-temeh yang seringkali kita kerjakan. Hal yang remeh temeh itu tidak memiliki nilai guna sama sekali. Mungkin ada manfaatnya, tapi tidak sebesar manfaat kewajiban dan pekerjaan yang telah kita abaikan begitu saja demi mengerjakan hal kecil tersebut. Mengatur waktu juga menjadikan pekerjaan kita selesai tepat waktu.

Ada sejumlah tindakan yang dapat kita ambil untuk mengatur diri kita sendiri dan hidup kita. hal ini bisa menjadi panduan kita dalam memanage waktu kita sehari-hari. Kita bisa menerapkannya dan mulai mencobanya setelah membaca artikel ini.

Pertama, bangun subuh

Sebagai permulaan, mulailah untuk selalu bangun subuh. Pertama, ini adalah kwajiban besar dalam agama kita untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid. Sayangnya, banyak diantara kita yang tidak mengerjakan hal ini. Kedua, bangun lebih awal akan memberikan kita jam/waktu tambahan di pagi hari yang memungkinkan bagi kita untuk mengerjakan hal-hal yang bermanafaat dan mengundang berkah. Mulailah hari-harimu dengan membaca al-quran, berolahraga, sarapan yang enak dan tidak terburu-buru karena bangun kesiangan dan menyempatkan diri untuk membaca atau belajar.

Kedua, kelola waktu dalam sehari

Mengelola waktu sangat penting karena hal ini bisa mengelompokan waktu kita dengan tepat guna. Misalkan, apa yang harus kamu lakukan di pagi hari, siang, sore, dan malam. Kamu memiliki komitmen yang jelas bahwa kamu harus melakukannya. Apa tugasmu hari ini di kantor? Tulis di postnote kemudian tempel di dinding partisi mejamu sehingga kamu mengingatnya.

Cobalah untuk menyelesaikan setiap langkah dalam waktu yang ditentukan. Selain itu, tetapkan juga tenggat waktu untuk setiap tugas dalam hitungan menit, jam, atau bahkan berhari-hari sehingga kita tahu berapa banyak waktu yang telah kita habiskan untuk mengelola dan menyelesaikan tugas-tugas harian atau pekanan kita.

Misalkan, saya menempel postnote di dinding kamar saya tentang jadwal posting di blog saya.
Senin: menulis cerpen
Selasa: review film di blog film
Rabu: menulis cerita bersambung di grup facebook dan wattpad
Kamis: menulis artikel islam di blog
Jumat: mengedit naskah yang sudah jadi
Sabtu dan Ahad; free menulis (tapi ada kegiatan lainnya)

Itu baru kegiatan menulis. Belum tentang kegiatan lainnya seperti pekerjaan di kantor, menonton film, dan buku apa yang harus saya habiskan di pekan ini dan seterusnya.

Mengatur Keadaan dan Kondisi Sekitar

Tempat atau lingkungan yang berantakan menunjukan bahwa kehidupan kita juga berantakan dan tidak memiliki tujuan dan pengorganisasian yang jelas. Jika rumah atau kantor kita atau ruang pribadi kita terlihat kacau dan berantakan, maka itu juga mengindikasikan bahwa kita juga tidak pernah mengatur waktu dan pekerjaan kita dengan pengaturan yang terorganisir.

Hal ini bisa menghambat kemajuan kita dalam mendisiplinkan diri. oleh karena itu, sekarang saya meminta kamu untuk melihat mejamu. Apakah sudah rapi? Jika belum, segera rapikan setelah membaca artikel ini. Atau sekarang kamu lihat kamarmu,sudahkah kamarmu rapi? Apakah ada sampah yang berserakan di sekitarmu? Apakah sepreimu tidak pernah kamu ganti dan tak pernah kamu jemur? Jika iya, segera lakukan sesuatu.

Suasana di sekitar kita mempengaruhi mood kita. camkan itu. jika kamu tidak bisa mengatur kamarmu atau mejamu sendiri, bagaimana bisa kamu mengatur waktumu? Atau jangan-jangan selama ini kamu sering terlambat datang ke kantor juga? Nah. Segera atur dan organisir hidupmu dari hal yang remeh temeh, baru stelah itu kamu mengatur jadwal dan waktumu.

Prioritaskan Pekerjaan

Kamu juga tidak boleh lupa untuk membuat jadwal harian dalam pekerjaan. Karena pekerjaan di kantor adalah hal yang urgent dan menjadi prioritasmu. Coba bayangkan, jika kamu tidak memiliki komitmen untuk totalitas di dalam pekerjaanmu, ada banyak kemungkinan yang bisa berakibat buruk. Pertama, bisa jadi bosmu tidak merasa puas dengan kinerjamu sehingga dia memotong gajimu. Kedua, bisa jadi dia juga memberhentikanmu. Sebaliknya, jika bos merasa puas dengan kinerjamu selama ini, maka kamu mungkin akan mendapatkan promosi untuk naik jabatan atau setidaknya posisimu masih sama, tapi kamu mendapatkan kenaikan gaji/bonus.

Take Action

Jangan menunda-nunda, segera lakukan ketika kamu memiliki waktu. Semakin kamu menumpuk pekerjaanmu, maka pikiranmu semakin bercabang dan berantakan hanya karena memikirkan banyak hal. Pikiranmu disibukan oleh pekerjaan-pekerjaan yang tertunda dari hari-hari kemarin, sementara kamu berada di hari ini yang mau tidak mau menghadapi pekerjaan baru. Pekerjaan lama belum selesai, sudah dihadapkan pada pekerjaan baru yang juga menunggumu. Ini bisa membuatmu stress seharian.

Misal, kamu melihat email masuk. jika kamu perlu membalasnya, segera balas saat itu juga alih-alih berpikir ‘nanti saya akan membalasnya.’ Bisa jadi kamu lupa karena banyak hal yang ingin kamu lakukan. Lebih daripada itu, kamu juga akan lebih fokus pada pekerjaan selanjutnya tanpa dibebani oleh pekerjaan sebelumnya.


Hari yang Ditentukan

Saya memiliki hari-hari tertentu yang spesial untuk diri saya sendiri. baik hari spesial itu pekanan atau bulanan. Misal, setiap hari ahad saya harus mencuci baju-baju kotor saya, menambah jam olahraga/workout exercise dan membaca buku sepuasnya.

Hal ini secara otomatis memberi tahu saya apa yang perlu saya lakukan pada hari tertentu yang memungkinkan saya melakukan semuanya tepat waktu.

Menentukan Area

Tentukan area atau tempat untuk menyimpan barang-barang yang kamu butuhkan atau kamu pakai, baik itu di kantor atau di rumah. mungkin kita sering kehabisan waktu dan dilanda cemas hanya karena mencari sesuatu benda yang kita lupa dimana menyimpannya. Biasanya benda-benda kecil seperti pulpen, gunting, sisir atau semacamnya.

Buat wadah khusus untuk barang-barang tersebut dan simpan kembali di tempatnya jika kita sudah selesai memakainya.

Hindari Pembunuh Waktu

Hindari kegiatan-kegiatan yang bisa membunuh waktumu seperti terus menerus menonton tivi, memainkan gawai, dan mengobrol hingga lupa waktu. Kita bisa membatasi interaksi kita dengan televisi atau gawai sehingga waktu yang kita miliki benar-benar tepat guna.

Lacak Kemajuan

Tingkatkan produktifitas dengan melacak kemajuan dalam semua bagian aktifitas kita. lihat bagaimana produktifitas kita di kantor, di rumah dan dalam semua jadwal yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang harus kita ukur kemajuannya seperti pekerjaan, pendidikan, latihan, olahraga, pekerjaan rumah, waktu untuk keluarga, tugas pribadi dan lain sebagainya. Hal ini akan memberitahu kita bagaimana kita harus maju dan memperbaiki kesalahan. Kita juga bisa mengetahui dimana kesalahan kita.


Disarikan dari artikel 10 Fabulous to get Organised productive muslim
Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment