18 Nov 2018

Batu dan Air



Batu dan air adalah dua benda alam yang bisa kita temukan di sekitar kita. Bukan sekedar benda biasa, tapi dua benda ini memiliki manfaat yang sangat fital bagi kehidupan kita. Terutama air yang menjadi sumber kehidupan itu sendiri.

Baiklah, disini saya akan bermain filosofi tentang dua benda ini.
Cobalah kita perhatikan batu. Setiap batu itu disatukan, batu senantiasa berbenturan satu sama lain dan saling bertumbukan. Terkadang, hasil tumbukan itu menyisakan retakan dan serpihan.
Tapi berbeda dengan air, ketika air disatukan, maka tentu saja dia akan menyatu berpadu dan saling mengisi.

Pertanyaannya, apakah kita ingin menjadi seperti batu yang selalu berbenturan atau ingin menjadi seperti air yang selalu terpadu.

Coba kita perhatikan bagaimana manusia bertindak dan berpikir dan mari kita komparasikan dengan filosofi batu dan air di atas. Ada orang yang merasa intelek dan pintar saling berbantahan dan berdebat, bahkan berkelahi ketika berkumpul. Kenapa? Karena mereka membuat kepalanya ‘membatu’ oleh kepintarannya. Dia tidak mau kalah karena kalah debat akan menghancurkan egonya yang tinggi.

Berbeda dengan orang yang bijaksana, ia akan berperilaku dan berpikir selentur air. ketika ia berkumpul dengan sesamanya ia akan menyatu dan saling mengisi.




Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment