19 Oct 2016

Kedermawanan IbnuMubarok

Ibnul Mubarok pernah memiliki seorang tetangga Yahudi. Namun, ia selalu lebih dahulu memberi makan tetangga yahudinya itu sebelum memberi makan anak-anaknya sendiri. Bahkan ia selalu memberi pakaian padanya sebelum memberi pakaian anak-anaknya.
Ketika orang-orang menawar rumah si yahudi itu,”jual saja tempat tinggalmu itu kepada kami.”
Yahudi itu berkata,”saya akan jual rumah saya ini dengan harga dua ribu dinar. Seribu dinar untuk harga rumahku, seribu dinar lagi adalah harga karena aku bertetangga dengan Ibnul Mubarok.”
Mendengar jawaban itu, Ibnul Mubarok dalam doanya selalu memohon demikian,” ya Allah tunjukilah ia ke dalam Islam.” Dan beberapa saat kemudian, atas izin Allah, akhirnya masuk islam.
****
Saat hendak berangkat haji, Ibnul Mubarok bertemu dengan satu rombongan yang bermaksud sama. dalam rombongan itu ia melihat seorang wanita yang mengambil bangkai burung gagak di sebuah tong sampah.  Kemudian ia menyuruh seorang pembantunya untuk melihat apa yang dilakukan oleh wanita itu terhadap bangkai burung gagak yang ia ambil tadi. Pembantunya bertanya tetang hal itu dan wanita itu menjawab,” selama tiga hari lamanya kami makan dari sisa-sisa makanan yang dibuang ke dalam tong sampah.”
Karena iba mendengar jawaban itu, ibnul Mubarok meneteskan air mata. Ia pun memerintahkan agar semua perbekalannya diberikan kepada rombongan itu. Dan karena sudah tidak punya bekal lagi, maka ia pun pulang dan batal menunaikan ibadah haji. Ia menangguhkan hajinya tahun itu. Dalam tidurnya ia bermimpi ada orang yang berkata padanya,” haji yang mabrur. Sebuah tindakan yang sepatutnya diganjar dan dosa(mu) telah terampunkan.”
(La Tahzan/Aidh alQorni)
Surakarta, 19 oktober 2016


Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment