14 Aug 2016

HIMMAH

Himmah berasal dari kosa kata bahasa arab yang berarti keinginan, kemauan dan semangat yang tinggi. Di sini saya tidak akan mengajak menyelami kata dan frasa. Tapi disini saya hanya akan mengajak menyelami bagaimana pentingnya kita menanamkan himmah di hati-hati kita.
Ada apa dengan himmah? Muslim yang baik adalah muslim yang mempunyai himmah yang tinggi. Himmah yang selalu menuntunnya pada rasa ingin tahu, kreatifitas, produktifitas dan kemauan keras untuk menghasilkan yang terbaik sekaligus menjadi pribadi yang terbaik
Himmah telah mencetak generasi-generasi yang menyejarah. Dengan himmahlah muhammad alfatih mampu menaklukan konstantinopel. Menyerbu benteng terkokoh dan pusat peradaban romawi. Menjadikan sejarah yang gemilang dan mewujudkan apa yang diramalkan oleh rasulullah saw.
Himmah mampu menetapkan kesabaran di  dada-dada orang-orang pilihan ketika didera tekanan dan ujian. Mereka yakin bahwa selama iman ada di dada. Selama rasa putus asa tiada mengeram jiwa, selama usaha dan semangat ikhtiar dan harap menguasai relung jiwa, Allah akan menolong hambaNya.
Himmahlah yang mampu memberi semangat bara api melawan kedzaliman tirani. Melawan penindasan penjajah durjana yang menguasai harta dan jiwanya. Karena himmah menggelorakan perlawanan akan kesewenang-wenangan dan arti dari merdeka. Harga dirilah yang mempertahankannya.
Marilah kita simak senarai indah seorang ulama motivasi, Aidh alQorni terkait himmah ini. Beliau mengatakan kata-kata yang begitu indah perihal ini,” himmah adalah gejolak yang terus bergelombang, angin yang terus bergulung. Dia adalah lompatan ke puncak dan terbang ke angkasa. Himmah adalah jiwa yang terus bergejolak. Cita-cita yang memandang jauh ke depan. Barangsiapa yang dikaruniai himmah maka semangatnya akan membawanya berkelana meskipun ia tinggal di tempat. Dengan himmah seseorang mampu melakukan perjalanan terjauhnya.”

Terakhir, alangkah indah firman Allah kepada kita,”bekerjalah, niscaya Allah, rasul dan orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaanmu.
Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment