11 Jul 2019

Karena Kamu Istimewa, Cintailah Dirimu!



MENCINTAI diri sendiri adalah amanah dari Allah subhanahu wata'ala yang mengharuskan kita untuk menunaikannya. Itu artinya ketika kita tidak memiliki rasa cinta terhadap diri sendiri, disanalah kita dekat pada sikap kurang bersyukur, tidak menerima takdir/ketentuan Allah subhanahu wata'ala sehingga kufur terhadap nikmat-Nya.

Orang yang tidak menerima apa yang telah Allah tentukan dalam kehidupannya cenderung membenci dirinya, kehidupan yang sedang dia jalani dan takdirnya. Dia tidak mau menerima kekurangannya dan melupakan kelebihan dan anugerah yang telah Allah berikan.

Nah, jika bukan diri kita yang mencintai diri kita sendiri, lalu siapa lagi yang akan mencintai diri kita?

Terimalah diri kita apa adanya. ubahlah sesuatu yang bisa diubah dengan memperhatikan hal-hal yang ditentukan di dalam syariat islam. Dan tidak perlu sedih dengan kekurangan yang tidak mungkin diubah. Kebodohan bisa diubah dengan belajar. Kejumudan bisa diubah dengan pengalaman dan tukar pikiran. Tapi warna kulit, rupa dan bentuk fisik tidak bisa diubah. Siapa yang berani mengubahnya, maka dia telah mengubah ciptaan Allah subhanahu wata'ala yang dilarang keras dalam syariat islam.

Hargailah kebaikan dan prestasi yang telah kita capai, sekecil apa pun itu. dan tidak perlu putus asa ketika jatuh pada kegagalan. Jangan merasa minder ketika terjerumus ke dalam kesalahan. Karena kita manusia, tempatnya lupa, salah dan alfa.

Lalu bagaimana supaya kita bisa mencintai diri kita sendiri apa adanya.

Berhentilah Melabeli diri dengan Label Negatif

Selalu nyatakan kalimat-kalimat positif dan hindari kalimat negatif seperti
‘Aku tidak mungkin melakukannya. Aku tidak punya bakat.’
‘Aku mustahil mencapai hal itu. aku telah gagal berkali-kali.’
‘Wajahku tidak menarik. Mana mungkin ada yang mau menikah denganku.’
‘Aku tidak punya uang, orang tuaku tidak kaya. Mana mungkin aku bisa kuliah.’
Dan berbagai macam kalimat-kalimat negatif lainnya.
Kita melabeli diri kita sendiri dengan label menyedihkan seperti label miskin, label bodoh, label tidak punya bakat, label tidak memiliki takdir yang bagus dan semacamnya.
Jangan biarkan nilai atau persepsi negatif menguasai kehidupan kita, karena jika sudah begitu, maka hancurlah harga diri kita. bagiamana mungkin kita bisa mendapatkan harga diri sementara diri kita sendiri tidak ‘becus’ untuk memberikan harga diri yang baik?

Berhenti Mendengarkan Ocehan Orang lain Tentang Kekurangan Kita

Harga diri juga bisa turun ketika kita mendengarkan komentar-komentar negatif dari orang-orang di sekitar kita. bisa saja komentar negatif itu datang dari teman, orang tua, saudara, kerabat dan sebagainya. Tapi kita harus yakin bahwa inilah hidup kita. kita yang berhak untuk menentukan arah hidup kita, bukan mereka.

Sebutkan bagian tubuh yang kamu sukai

Kamu tidak suka bentuk hidungmu? Tapi kamu masih memiliki rambut yang mungkin menurutmu indah. Rambutmu tidak terlalu indah? Kamu memiliki bentuk tubuh yang ideal. Atau apa pun itu, carilah mana dan apa yang ada pada tubuhmu yang membuat kamu bangga.

Tidak harus melulu tentang fisik. Kamu mungkin punya otak yang brilliant. Kamu murah senyum sehingga orang lain suka denganmu. Kamu memiliki keceriaan yang tidak dimiliki oleh orang lain dan masih banyak alasan-alasan yang bisa dimunculkan untuk mendapatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

Sekarang, buatlah daftar di selembar kertas, kemudian tuliskan 3-6 bagian tubuh kamu yang kamu sukai. Misalkan kaki, hidung, rambut dan terserah apa pun yang menurutmu layak.

Sebutkan prestasi yang pernah kamu capai

Saya yakin setiap orang memiliki prestasi yang tidak dimiliki atau diperoleh oleh orang lain. Prestasi itu tidak harus melulu tentang medali, piala, piagam dan semacamnya. Prestasi juga bukan hanya melulu tentang lulus dari universitas tertentu atau jebolan sekolah bergengsi.  Kamu sudah bisa menolong seorang nenek menyeberang jalan juga itu sebuah prestasi, bahkan prestasi akhirat yang tidak semua orang bisa melakukannya. Menghibur teman yang sedih pun sebuah prestasi. Kamu mungkin menyukai anak-anak dan begitu mudah untuk menghibur mereka, dan banyak lagi berbagai hal yang bisa kamu sebut prestasi dan kelebihanmu.

Sekarang, masih di kertas yang sama, tuliskan prestasi yang pernah kamu raih sebanyak-banyaknya dan baca ulang sehingga kamu benar-benar merasa bangga dan cinta terhadap dirimu sendiri.

Sebutkan karakter baik yang ada pada dirimu

Terakhir, tulis daftar 10 karakter yang kamu sukai tentang diri kamu. Misalnya, dapat diandalkan, baik hati, jujur, kreatif, intuitif, murah hati, cerdas, memiliki tujuan, setia, berwawasan luas, pembawa damai, adil, sopan, peduli, kreatif, pengertian, bertekad, ambisius, pemecah masalah yang baik, dll.

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment