20 Sept 2018

Kiat Biar Ketagihan Baca Buku



Banyak yang merasa heran kenapa ada orang yang tergila-gila dengan buku. Kenapa ada orang yang begitu mencintai buku sampai-sampai kemana-mana pun membawa buku. Begitu pun di kamarnya, barang yang paling banyak memenuhi ruangannya adalah buku. Hmm…memang nggak ada yang bisa paham kecuali si kutubuku sendiri.

Kadangkala timbul juga perasaan iri. Mengapa sih banyak orang yang suka buku sementara diri ini nggak suka baca. Itu yang saya tahu dari curhatan teman saya yang merasa iri dengan hobi saya. Dia merasa ingin sekali bisa membaca buku setiap hari seperti apa yang rutin saya lakukan.

Kemudian timbul sebuah tanya, gimana sih caranya supaya kita suka baca? Well, pertanyaan ini adalah pertanyaan simple yang gampang untuk dijawab, tapi nggak gampang dalam realisasinya.

Suka baca itu harus diawali dengan rasa cinta dan pembiasaan, itu aja. Dan yang jelas kita harus memiliki niat untuk selalu membaca buku.

Jika niat yang baik untuk memiliki kecintaan terhadap membaca sudah ada, maka langkah selanjutnya bagi Anda adalah tinggal menemukan langkah teknis yang tepat untuk membaca.  Selain itu, Anda juga perlu memiliki motivasi yang total sehingga tidak gampang patah arang di tengah jalan.

Sekarang pertanyaannya. Bagaimana untuk menumbuhkan kecintaan terhadap membaca? Bagaimana agar memiliki hobi atau kebiasaan membaca seperti orang banyak.

Hal paling penting untuk membangun kecintaan terhadap bacaan adalah dengan memiliki motivasi yang kuat untuk membaca.  Namun sayangnya bagi beberapa orang motivasi tidak mudah muncul begitu saja.  Jika kamu termasuk orang yang sulit menumbuhkan motivasi membaca, beberapa langkah di bawah ini pasti akan berguna buat kamu.

Membuat alasan personal

Kamu harus tahu alasan dari kenapa kamu harus membaca. Temukan alasan yang membuat kamu semakin terpacu untuk membaca. Libatkan perasaan dan buatlah alasan yang personal.

Selanjutnya tuliskan tujuan atau alasan kamu membaca di sebuah kertas. Tuliskanlah sampai 10 alasan. Bayangkan perasaan kamu jika 10 hal tersebut tercapai. Selain itu, jurus ampuh lainnya adalah dengan membayangkan apa akibatnya jika kamu tidak berhasil mewujudkannya. Apa dampak sosialnya bagi kamu? Dengan begitu, timbul perasaan survival dalam diri kamu. Ini akan mebuat motivasi membaca kamu akan semakin kuat

Baca buku yang bermakna bagi diri kamu

Bacalah buku yang kamu suka. Pilihlah buku yang menurut kamu menarik dan mendatangkan minatmu. Ketika membaca buku yang kamu suka, kamu nggak bakalan mau melepaskannya. Memilih buku atau genre yang salah bisa membuat semangat atau mood membacamu menurun.
Pergilah ke toko buku dan lihat-lihat buku apa saja yang kira-kira menarik untuk dibaca.  Pilih satu atau dua yang membuat kamu penasaran.

Selain itu, pilihlah buku yang kamu butuhkan saat ini. Misalkan kamu merasa ada masalah dalam hal kedisiplinan dan manajemen waktu, ya kamu bisa beli buku terkait sehingga kamu bisa lebih disiplin dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jadi kamu bisa menemukan setiap permasalahan dari buku. Seru kan?

Buat prioritas membaca

Suatu buku makna dan kegunaannya akan berbeda bagi setiap orang.  Kamu harus punya skala prioritas. Mana buku yang harus segera dibaca, mana yang bisa ditunda. Mana yang bisa dibaca minggu ini dan mana yang bisa diakhirkan hingga bulan depan.

Kita harus terbiasa dan cerdas memilah buku yang akan dibaca. Apalagi jika masih banyak buku-buku yang antri di reading list kita.

Ada empat hal yang harus kita perhatikan untuk menentukan skala prioritas dalam membaca buku

Pertama. Buku penting dan mendesak untuk dibaca.

Kategori pertama adalah buku yang penting bagi Anda dan harus segera kamu baca.  Yang termasuk kategori ini misalnya adalah buku-buku penunjang ujian yang akan kamu hadapi.  Buku yang berada dalam kategori ini harus kamu selesaikan dalam waktu singkat. Biasanya tidak lebih dari seminggu.

Kedua, Buku Penting dan Tidak Mendesak

Yang termasuk dalam kategori kedua ini adalah jenis buku yang kamu butuhkan untuk peningkatan karir dan pengembangan diri.  Sifatnya penting karena tentunya kita ingin lebih sukses dalam karir dan memiliki kepribadian yang lebih berkarakter bukan?  Akan tetapi sifatnya tidak mendesak karena kamu bisa membacanya kapan saja.

Tipsnya adalah, ketika kamu pergi ke toko atau pameran buku, catatlah judul bukunya atau foto covernya agar Anda ingat.  Ini bisa kamu lakukan ketika kamu tidak berniat untuk membelinya saat itu juga.  Kumpulkan daftar buku pengembangan diri yang ingin kamu baca lalu cicillah membelinya satu atau dua lalu selesaikan.  Setelah itu baru Anda bisa beralih ke buku yang lain.

Ketiga, Tidak Penting dan Mendesak

Kategori yang ketiga ini adalah buku yang kamu butuhkan untuk refreshing atau hiburan.  Mengapa dikatakan mendesak? Salah satu kunci agar hidup kita produktif adalah dengan membiarkan pikiran kita tetap enjoy.  Bolehlah sekali-kali kita memanjakan diri dengan membaca novel yang kita suka atau komik yang terbaru.  Biarkan pikiran kamu segar kembali dan kemudian merasa ‘kangen’ lagi untuk baca buku-buku kategori pertama dan kedua.

Keempat, Tidak penting dan tidak mendesak

Kategori yang terakhir adalah buku yang tidak perlu untuk kamu baca.  Yang termasuk buku ini adalah buku yang sudah kamu tahu atau kuasai misalnya.  Disinilah kamu perlu untuk selektif.  Dengan mengetahui buku apa saja yang masuk dalam kategori ini, waktu kamu akan jauh lebih efisien.
Nah, kira-kira setelah ini, buku apa yang ingin segera Anda baca? Sebutkan judulnya ya

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment