8 Apr 2023

40 on Justice The Prophetic Voice on Social Reform



Buku karya Omar Sulaiman ini menghimpun 40 hadis yang berbicara tentang keadilan secara komprehensif. Buku ini juga membahas tentang interaksi kita dengan orang lain, apa hak orang lain terhadap kita, dan hak apa yang kita miliki terhadap orang lain.  Omar Suleiman berbicara tentang beratnya konsekuensi ketidakadilan dalam Islam, kemudian beralih ke kepemimpinan, dan kemudian tentang pentingnya menyampaikan kebenaran di hadapan diktator.

Saat kita menelusuri buku ini, barangkali kita tidak menyadari bahwa pelaku ketidakadilan itu bisa saja diri kita sendiri. Orang-orang yang menindas bisa jadi pengusaha yang tamak dan menipu, pegawai pemerintah yang tidak jujur, pegawai yang curang, majikan yang mengintimidasi, orang berkuasa yang menyalahgunakan hak istimewanya, tetangga yang kasar, sistem perbankan korup yang terlibat dalam riba, atau perusahaan asuransi yang ambigu.

Tidak hanya itu, buku ini mengajak kita untuk lebih mawas diri dalam melihat hak-hak orang tua atas kita, pasangan kita, saudara dan keluarga besar kita, serta orang lanjut usia di masyarakat. Hubungan-Hubungan ini bahkan menjadi kehidupan kita dalam berinteraksi.

Omar Sulaiman kemudian menyentuh beberapa masalah lain seperti perbudakan, perlakuan terhadap imigran dan pencari suaka, kesetaraan gender, perlakuan terhadap mereka yang berkebutuhan khusus, dan rasisme.  Karena keadilan dalam Islam mencakup segalanya. Beliau juga berbicara panjang lebar tentang cara yang benar dalam berurusan dengan hewan, dan lingkungan.

Setelah membaca buku ini kita akan lebih mawas diri. Kemudian kita melihat kembali hubungan kita dengan orang tua, saudara kandung, keluarga besar dan teman-teman kita.

Saya bersyukur karena saya menemukan buku ini.  Karena ini Ramadhan, bulan Alquran, keadilan sosial mungkin bukan jenis bacaan yang tepat. Namun, setidaknya sekarang saya menyadari kekurangan saya dan saya dapat banyak berdoa untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk bahasa, buku ini enak dibaca.  Buku ini menggunakan bahasa Inggris sederhana dan topiknya diilustrasikan dengan baik.  

Berhubung buku ini tidak dijual di Indonesia dan belum diterjemahkan, saya membaca buku ini via Kindle Amazone. 

Semoga Allah melimpahkan barakah atas usaha Dr Omar Suleiman dalam menulis buku ini, melindungi beliau dan keluarganya, serta menganugerahkan kepada mereka jannatul firdaus.  Aamiin.
Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment