12 Aug 2019

Kiat Mengembalikan Selera Membaca Ala Booktuber


Sebesar apa pun rasa cinta kita kepada buku, terkadang rasa bosan sewaktu-waktu menghampiri kita. Semangat membaca kita mengendur dan tidak berselera untuk membaca untuk beberapa waktu. Inilah yang dinamakan reading slump.

Rasa bosan dan tidak bergairah untuk membaca buku biasanya disebabkan oleh dua keadaan.

Pertama, karena kesibukan.

Saya sendiri seringkali tenggelam di dalam kesibukan yang tidak berkesudahan. Bayangkan saya, dari pukul 7.30 hingga pukul 16.30 saya habiskan di kantor. Setelah itu, saya harus mengerjakan banyak hal di kostan, termasuk menulis artikel yang harus segera saya selesaikan ditambah beban tugas kuliah di semester akhir. Otomatis saya tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca buku yang kian hari kian menumpuk di folder saya (rata-rata yang saya koleksi ebook. Ehehe)

Kedua, karena bingung atau kesulitan menentukan buku yang ingin dibaca.

Nah, karena buku-buku sudah menumpuk, maka saya kebingungan untuk memulai membaca dari mana dan memilih tema apa. Karena bingung inilah, saya jadi nggak mood untuk membaca dan lebih sering terjebak pada inkonsistensi ketika membaca. Belum selesai membaca buku A, sudah mencomot buku B dan selanjutnya. Aktifitas membaca pun kurang maksimal.

Tapi jangan khawatir, di sini Husni-Magz akan mengetengahkan beberapa tips untuk mengatasi semangat membaca yang mengendur dikala kita diserang penyakit reading slump yang husni pelajari dari beberapa youtuber luar negeri dan dalam negeri.

Pertama, carilah referensi buku-buku bagus dari berbagai media seperti dari google, kemudian baca sinopsis atau reviewnya sehingga kita menjadi penasaran dengan buku-buku tertentu yang sesuai dengan minat kita. Kita juga bisa mencari referensi buku-buku bagus dari instagram atau dari booktuber yang biasanya rutin mereview buku-buku bagus di chanel youtube mereka.

Kedua, tonton filmnya setelah itu baca novelnya. Biasanya ada orang yang merasa ‘terangsang’ untuk membaca buku setelah menonton filmnya.

Ketiga, Sesekali selingi kegiatan membaca kita dengan bacaan yang ringan atau genre lain yang lebih ringan. Terkadang kita merasa bosan membaca buku karena merasa berat dan terbebani menghabiskan buku-buku tebal. Kamu bisa selingi kegiatan membacamu dengan buku-buku ringan seperti cerpen, komik atau majalah.

Itu tiga tips ala Husni-Magz yang bisa mengembalikan mood kamu yang kendor ketika membaca buku. Barangkali kamu punya cara lain yang lebih oke punya, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

Sumber gambar: https://www.thenerddaily.com/booktube-recommendations/
Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment