7 Aug 2019

Allah Telah Memberikan Jawaban-Nya



Di dalam al-Quran yang agung, Allah subhanahu wata'ala telah menyediakan semua jawaban terhadap setiap persoalan yang sudah, sedang dan akan dihadapi manusia. Hanya saja kita seringkali melalaikan isi dan kandungan al-Quran.
Disini, saya akan menghadirkan beberapa jawaban dari Allah subhanahu wata'ala terhadap segala kegundahan dan persoalan yang seringkali kita hadapi dalam kehidupan kita.
Pertama, ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita idam-idamkan, ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita cita-citakan, maka Allah subhanahu wata'ala menghibur kita dengan ayat ini,
وَعَسىٰ أَن تَكرَهوا شَيـًٔا وَهُوَ خَيرٌ لَكُم ۖوَعَسىٰ أَن تُحِبّوا شَيـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَكُم ۗ وَاللَّهُ يَعلَمُ وَأَنتُم لا تَعلَمونَ
Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Alloh mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (Surah al-Baqarah: 216)
Kedua, ketika hati kita merasa sedih dan lidah kita berkeluh kesah tersebab ujian yang kita terima, maka Allah subhanahu wata'ala menghibur kita lewat ayat ini,
لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفسًا إِلّا وُسعَها ۚ لَها ما كَسَبَت وَعَلَيها مَا اكتَسَبَت
Alloh tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Surah al-Baqarah: 286)
Ketiga, ketika hati kita merasa sempit dan dilanda kekecewaan karena gangguan orang-orang yang tidak suka, maka Allah mengingatkan kita tentang posisi kita. Allah berfirman,
وَلا تَهِنوا وَلا تَحزَنوا وَأَنتُمُ الأَعلَونَ إِن كُنتُم مُؤمِنينَ
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi darjatnya, jika kamu org yang beriman.” (Surah ali `Imran: 139)
Keempat, ketika kita sudah tidak lagi sanggup menanggung beban dan kesedihan yang terasa menenggelamkan kita, maka Allah memberikan kita dua jalan keluar untuk memperoleh pertolongan-Nya. Allah subhanahu wata'ala berfirman,
وَاستَعينوا بِالصَّبرِ وَالصَّلوٰةِ ۚ وَإِنَّها لَكَبيرَةٌ إِلّا عَلَى الخٰشِعينَ
Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat; dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk.” (Surah al-Baqarah: 45)
Kelima, tatkala manusia tidak mampu kuat dengan takdirnya, tidak mengerti tentang segala pengorbanan yang harus dia keluarkan, maka Allah menghibur tentang posisinya sebagai seorang mukmin, tentang balasan yang akan dia peroleh, dan tentang jaminan Allah yang tidak ada tandingnya; surga yang luasnya seluas langit dan bumi.
Allah subhanahu wata'ala berfirman,
إِنَّ اللَّهَ اشتَرىٰ مِنَ المُؤمِنينَ أَنفُسَهُم وَأَموٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ الجَنَّةَ
Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri, harta mereka, dengan memberikan syurga untuk mereka.” (Surah at-Taubah: 111)
Keenam, ketika kita menemukan bahwa tidak ada lagi penolong yang mampu menopang kita, tidak ada lagi pundak yang bisa menjadi sandaran kita, tidak ada lagi telinga yang bisa dijadikan tempat penumpahkan keluh kesah, maka Allah mengingatkan kita bahwa Dia saja sudah cukup untuk semua beban kita.
فَقُل حَسبِىَ اللَّهُ لا إِلٰهَ إِلّا هُوَ ۖ عَلَيهِ تَوَكَّلتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ العَرشِ العَظيمِ
Maka katakanlah, Cukuplah Alloh bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal.  (Surah at-Taubah: 129)
Masih banyak lagi ayat-ayat lain yang secara tersirat menjadi jawaban atas segala persoalan yang kita temukan dalam kehidupan kita. karena kasih dan cinta-Nya itulah, Dia menurunkan al-Quran sebagai pedoman dan jawaban paling memuaskan dari semua permasalahan kehidupan.

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment