14 Aug 2019

Inilah 5 Jenis Buku yang Harus Dibaca Seorang Muslim



Membaca adalah aktivitas yang diperintahkan pertama kali oleh Allah subhanahu wata'ala kepada manusia. Allah subhanahu wata'ala berfirman di dalam quran surat al-Alaq ayat 1-5 yang artinya,
“Bacalah dengan menyebut nama Rabb-mu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Rabb-mulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Oleh karena perintah yang agung inilah, sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk selalu membaca. Dengan membaca ini kita akan menemukan hakikat kebenaran dan dengan membaca pula kita mengenal Allah subhanahu wata'ala.  Namun, terkadang kita masih bingung, bacaan yang mana saja yang sebaiknya dibaca? 'Bookworm edisi kali ini menghadirkan 5 prioritas buku bacaan yang harus dibaca oleh setiap muslim.

Pertama, Al Qur’an Al Karim

Seorang ulama pernah berkata, “Wajib bagi seorang Muslim untuk bersungguh-sungguh dalam mengkhatamkan Al Qur’an sebulan sekali atau kurang dari satu bulan.”
Kalau satu bulan sudah harus khatam, artinya kita harus menyediakan waktu-waktu khusus tiap harinya untuk membaca Al Qur’an. Al-Quran adalah Undang-undang yang paling populer dan paling benar, surat cinta paling indah dan paling romantis, kitab paling lengkap dan paling relevan di setiap zaman. Al-Quran diturunkan langsung dari Allah, membacanya bernilai ibadah apalagi kalau kita juga mengajarkannya. Intinya, Al Qur’an menempati prioritas tertinggi dalam daftar bacaan seorang Muslim.

Selain dengan tilawah, setiap muslim juga dituntut untuk memahami makna al-quran sehingga bisa mengamalkan isi dan kandungannya. Oleh karena itulah, jangan lupa untuk membaca terjemah al-quran. Belilah al-quran terjemah dan sediakan waktu untuk membaca terjemahnya setelah membaca al-quran.

Tentunya tidak hanya mencukupkan diri dengan membaca terjemahnya saja. kita juga harus mempelajari tafsir-nya mengingat ayat-ayat al-quran bersifat mujmal atau global dan membutuhkan penjelasannya. Kita bisa merujuknya pada kitab-kitab tafsir yang mudah difahami seperti kitab tafsir Ibnu Katsir dan Kitab tafsir as-Sa’di

Kedua, Kitab-kitab hadits

Sumber hukum kedua setelah Al Qur’an adalah hadis. Membaca hadis Nabi sebaiknya juga menjadi agenda pokok seorang muslim. Karena dari hadislah kita bisa memahami agama islam dengan sempurna. Hadis juga yang menyediakan penjelasan secara menyeluruh terhadap ayat-ayat al-quran yang bersifat global.

Untuk pemula, kita bisa memulai dengan mengkaji hadits arba’in karangan Imam Nawawi. Jika telah selesai mengkaji hadits arba’in, dilanjutkan dengan mengkaji kitab hadits Riyadhus Shalihin, juga karangan Imam Nawawi. Kemudian, bisa juga membaca Lu’lu wal Marjan, yakni hadis yang disepakati oleh dua Imam, yakni Imam Bukhari dan Muslim yang memuat intisari hadits Imam Bukhari dan Muslim.

Ketiga, buku-buku tentang Ilmu-ilmu Syar’i

Buku yang harus dibaca oleh setiap muslim selanjutnya adalah buku-buku keislaman yang menjabarkan tentang ilmu-ilmu syar’I yang wajib diketahui setiap muslim. Ilmu-ilmu islam itu sangatlah banyak. Karena itu, bacalah seluruh cabang-cabang ilmu syariah. Sebab, hal ini akan menguatkan pondasi keimanan kita kepada Allah subhanahu wata'ala.

Mulailah dengan mempelajari buku-buku keislaman yang ringan dan tidak terlalu tebal. Kemudian secara bertahap membaca buku-buku yang lebih berat.  Diantara buku-buku yang harus dibaca oleh setiap muslim adalah buku-buku fiqih. Diantara yang direkomendasikan adalah fiqhus sunnah karya Sayyid Sabiq. Selain buku fiqh, kita juga dianjurkan membaca buku-buku dengan tema aqidah dan tauhid seperti buku al-Iman yang membahas tentang iman, buku Tauhid karya Muhammad bin abdul Wahhab dan kitab Tauhid berseri karya Syaikh Fauzan.

Selain buku bertema tauhid, kita juga penting untuk membaca buku tentang akhlak seperti buku Khuluqul Muslim karya Muhammad al Ghazali, dan masih banyak contoh buku-buku akhlak lainnya yang bisa kita baca dan telaah.

Keempat, buku-buku sejarah

Ar-Rahiq Al-Makhtum (versi Indonesia : Sirah Nabawiyah dan Sejarah Hidup Nabi Muhammad) yang ditulis Al Mubarakfuri. Kitab ini menjelaskan tentang sirah Rasulullah secara sederhana dari lahir hingga beliau wafat.

Keistimewaan buku ini adalah bahasanya yang sangat indah dan susunan katanya yang sangat mudah, sederhana, tetapi sangat luas cakupan pengetahuannya.

Mempelajari sejarah sangatlah penting bagi kehidupan kita. bahkan dari sejarah kita bisa mengambil banyak hikmah dan pelajaran. Maka tak heran jika sepertiga Al Qur’an adalah sejarah. Sepertiga Al Qur’an berbicara tentang sejarah zaman dahulu, yang tujuannya jelas, yakni mengambil ibrah, tafakur dengan kejadian, dan mengambil intisari dan pelajaran dari kejadian masa lalu.

Sejarah secara keseluruhan itu penting, namun selalu ada yang lebih diutamakan. Sejarah yang paling penting untuk dibaca adalah sejarah Rasulullah, kemudian sejarah para Khulafa’urrasyidin yang empat, sejarah peradaban umat islam dan sebagainya.

Ada beberapa buku sejarah yang sangat direkomendasikan untuk dibaca setiap muslim. Diantaranya adalah buku sejarah kehidupan Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam yang berjudul ar-Rahiqul Makhtum yang diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia dengan judul Siroh Nabawiyah karya Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri, Fiqhus Sirah karya Muhammad Said Ramadhan Al-Buthi, dan Fiqhus Sirah karya Muhammad Al-Ghazali, serta buku-buku tentang sejarah Rasulullah lainnya.

Selain membaca sejarah Rasulullah, kita juga sangat dianjurkan membaca kisah-kisah para sahabat Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam, kisah para nabi, dan kisah para tabi’in serta ulama-ulama dan pahlawan islam.

Kelima, membaca buku-buku dengan tema spesifik sesuai dengan kebutuhan dan keahlian.

Nah, jika anda seorang ibu, maka tentu Anda harus membaca buku-buku tentang parenting atau pendidikan anak. Jika Anda seorang politikus muslim, maka anda harus memahami politik islam sehingga tidak tersesat dalam perpolitikan. Jika anda seorang seniman, bacalah buku-buku seni islam seperti sastra islam yang menyajikan kisah-kisah penggugah dan kisah-kisah inspiratif yang tidak keluar dari koridor akhlak islami. Jika anda seorang businessman, maka sudah selayaknya anda membaca buku-buku tentang muamalah sehingga tidak terjerumus ke dalam transaksi yang dilarang dan syubhat.

Itulah 5 prioritas buku bacaan yang harus dibaca oleh setiap muslim. Semoga pemaparan ini bisa menginspirasi anda semua untuk selalu antusias dalam menambah wawasan, salah satu jalannya adalah dengan banyak membaca buku.
Semoga bermanfaat

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment