19 Mar 2018

Pelajaran Dari Pohon Mangga


Saya masih mengingat masa kecil saya yang penuh dengan kenangan. Salah satu kenangan diantara kenangan-kenangan yang masih tersisa adalah kebiasaan melempar buah mangga. Kebetulan kakek memiliki satu pohon mangga yang ranum dengan buah ketika musim berbuah tiba.
Sayangnya, saya tidak bisa memanjat, disamping pohon tersebut juga memiliki batang yang besar. Untuk menyiasatinya, saya dan adik-adik biasa melempar buah mangga yang ranum itu dengan batu atau batang kayu hingga buahnya berjatuhan.
Dan sekarang, saya ingin berbagi hikmah dari kisah masa kecil tersebut. Apa itu? Jadilah kita seperti pohon mangga. Ya, walaupun dia dilempar, tapi dia membalas lemparan tersebut dengan buahnya ayang manis dan segar.
Sahabat, iringilah keburukan orang lain dengan kebaikan kita kepadanya. Jangan membalas sikap jahat mereka dengan sikap yang sama. Karena hal itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah.
Hal ini juga yang persis Allah firmankan di dalam kalam suci-Nya,
ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ
“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).
Jika ada yang berkata buruk maka balaslah dengan kata-kata yang baik. Jika ada yang berbuat jahat maka balaslah dengan perbuatan yang baik. Jika ada yang memutuskan tali silaturahim maka balaslah dengan menyambungnya.
Jika mereka menjelek-jelekan kita di belakang kita maupun di depan kita, maka jangan membalas dengan menjelek-jelekannya kembali.
Jika kita melakukan hal itu, Insya Allah suatu saat orang tersebut akan berbalik menyukai dan menjadi teman setia.

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

1 comment:


  1. Cari JobSide buat tambahan jajan .... Inf BB : 5EE. 80. AFE :)

    ReplyDelete