11 Jun 2021

Penjelasan Guru vs Penjelasan Teman

 


Semasa SMP dulu, gue ilfil banget sama mata pelajaran yang ada hitung-hitungannya, wabil khusus Kimia, Fisika dan Matematika. Pun urusan rumus-rumus, termasuk rumus/formula grammar bahasa inggris. Makanya, sampe sekarang grammar gue kacau balau, ehehe.

Setiap kali guru menerangkan subject pelajaran, gue lebih memilih melipir ke bangu paling belakang. Tukar posisi dengan si Ine dan si Isep yang lumayan pinter untuk urusan hitung menghitung dan rumus merumus. Nanti, jika giliran mapel bahasa Indonesia dan basa sunda tiba, gue kembali ke posisi semula.

Yang paling horror itu ketika Bu Yuli, guru matematika semasa SMP meminta siswa secara acak untuk mengerjakan soal di depan. Uh, jika nama gue kesebut, alamat banjir keringet dingin. Ke depan kelas cuman buat ngeliatin ke teman-teman sekelas kalo gue emang bego. Mematung dan nggak tau mau ngapain.

“Husni, bisa jawab nggak?” tanya bu Yuli dengan aksen yang lembut. Yah, selembut apa pun gurunya, tetap aja pelajarannya nggak ngenakin.

Gue geleng kepala. Bu Yuli nyuruh gue kembali ke bangku paling belakang. Kemudian meminta Isep maju ke depan untuk mengerjakan soal. Butuh waktu 3 menit buat si Isep menyelesaikan soal. Ck!

Jadi, selepas bel istirahat, gue minta Isep buat ngejelasin pelajaran untuk yang kedua kalinya, sampe gue paham.

“Nah, sekarang gue paham. Ternyata gini caranya ya,” seru gue dengan antusias. Serasa jadi orang paling pintar. “Tapi kalo Bu Yuli yang ngejelasin, kenapa gue nggak paham-paham ya…Lagian kan Bu Yuli nggak galak-galak amat.”

“Lo harus cinta dulu sama Matematika, baru Lo bisa paham,” jawab Isep sambil ngunyah bakwan.

Hum. Adakah yang pernah mengalami hal yang sama seperti gue. Giliran guru ngejelasin mabok binti pusing tujuh keliling. Giliran teman jelasin, langsung paham.

Husni
Husni

Husni Magz adalah blog personal dari Husni Mubarok atau biasa dipanggil kang Uni. Cowok Sunda yang bibliomania. Menyukai dunia seni dan tentunya doyan nonton baca dan nulis.

No comments:

Post a Comment